REZIM PERENCANAAN 1,2

Dimulai dengan pencanangan diawal tahun 2009 oleh pemerintah dengan tema “Reformasi Perencanaan dan Penganggaran” sebagai tindak lanjut tuntutan reformasi bagi “good governance”, rekonstruksi NKRI dilaksanakan. Semangat untuk mewujudkan pemeintahan yang bertanggung jawab terhadap amanah seluruh rakyat mealui proses pemilu bagi penggunaan kekuasaan dalam memanfaatkan seluruh sumber daya bangsa dan negara (Keuangan, SDM, SDA, sos, bud dll) dalam kerangka pelaksanaan tanggung jawab negara bagi pemenuhan hak-hak dasar seluruh warga negara sesuai tujuan bernegara yang tercantum dalam konstitusi UUD 1945.

Berlandaskan undang-undang produk reformasi dan hasil review capian pembangunan jangka menengah 204-2009, serta perkiraan dinamika pembangunan nasional, regional dan dunia yang berbasis IT dan janji politik pasangan presiden terpilih SBY dan Boediono, maka Kabinet Indoneia Bersatu 2 menginplementasikan RPJMN lima tahunannya melalui Peraturan Preiden No 5 Tahun 2010 tentang RPJMN 2010-2014.

Bila mencermati dokumen lampiran Peraturan Presiden no 5 tahun 2010 tersebut, yaitu RPJMN 2010-2014 yang terdiri dari 3 Buku, maka dapat di pahami bahwa pendekatan teknokrasi untuk menjabarkan visi dan misi politik presiden terpilih selaku kepala negara dan kepala pemerintahan yang tengah berupaya mewujudkan “Good Governance” dalam mencapai tujuan bernegara dalam jangka menengah dan jangka panjang yang sesuai ketentuan UU no 17 tahun 2013 tentang Keuangan Negara, UU no 32 tahun 2004 tentang Otonomi beserta turunannya, UU no 25 tahun 2005 tentang SPPN, UU no 17 tahun 2007 tentang RPJPN 2005-2025, dan UU no 39 tahun2008 tentang Kementerian negara beserta UU dan ketentuan lainnya produk masa reformasi. Dimana dokumen tersebut menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan dari sisi manajerial pembangunan nasional sesuai tuntutan reformasi; akuntabel, transfaran, anggaran berbasis kinerja, semangat integrasi peran pemerintah, swasta dan masyarakat serta estimasi pembiayaan jangka menengah dan lainnya. Detail teknokrasi pengorganisasian kinerja seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang direncanakan akan dicapai, terukur secara kualitatif bagi visi dan misi dan terukur secara kuantitatif pada program dan kegiatan bagi Prioritas Nasional serta dilengkapi dengan pendekatan kewilayah (buku 3) selain pendekatan Bidang (Buku 2) dan adanya sasaran dan target yang jelas alat ukurnya secara kuantitatif capaian kinerja masing-masing pemikul amanah RPJMN 2010-2014, Kabinet Indonesia Bersatu jilid 2 ini.

Pertanyaannya pada saat kita mengetahui hasil MTR Capaian Pembangunan Nasional berbasi RPJMN 2010-2014 pada tahun 2012, mengapa indikator capaiannya masih banyak menunjukkan nilai rendah (kuning dan merah) ? Dimanakah letak permasalahannya ?

Hal ini dimungkinkan banyak hasil analisis dari berbagai macam aspek dan cara pandang masing-masing. Untuk menjawab hal tersebut ada 2 kemungkinan, yang pertama adanya ketidaktepatan penyusunan dokumen RPJMN yang menjadi acuan seluruh pemangku kepentingan pembangunan nasional atau yang kedua adalah sebagai akibat tidak sesuainya atau tidak terlaksananya isi dokumen RPJMN tersebut sebagai acuan akibat berbagai macam hal.

Perlu kiranya kita mentracking mundur ……Berlanjut…

Dr. Hanibal Hamidi, M.Kes.
#perdesaansehat.

Lanjutannnnnnnnn……

Untuk kemungkinan yg pertama, dapat disebabkan;
1) Kurang tepatnya assesment dalam “background paper” analisis review hasil pembangunan jangka menengah sebelumnya.
2) Kurang tepatnya forcasting dinamika pembangunan mas mendatang (sumber daya, tantangan, peluang, hambatan, potensi dan lingkungan kebijakan nasional, regional dan dunia)
3) Kurang tepatnya pilihan konsepsi arah kebijakan dan kebijakan prioritas pembangunan nasional dalam rencana pencapaian sasaran dan target pembangunan dalam mencapai misi yang ditetapkan.
4) Kurang tepatnya pengorganisasian kerja masing-masing pelaku pembangunan nasional
5) Kurang tepatnya instumen kendali pembangunan yang ditetapkan dan.

Untuk kemungkinan kedua adalah…… berlanjut….

Komentar ditutup.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: