Festival Desa Membangun Indonesia Jadi Komitmen Kementerian Desa, PSD 2015 – perdesaansehat.com

Festival Desa Membangun Indonesia Jadi Komitmen Kementerian Desa

KOMPAS/RIZA FATHONI
Ahmad Erani Yustika
Senin, 14 Desember 2015 | 16:23 WIB

KOMPAS.com – Festival Desa Membangun Indonesia menjadi komitmen Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi (Kementerian Desa) mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian desa. Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Desa Ahmad Erani Yustika mengatakan bahwa komitmen itu harus terus dikawal agar mencapai hasil sebagaimana diharapkan.

“Festival ini untuk menjaring komitmen bersama semua pihak untuk berpartisipasi dan berperan dalam mengimplementasikan UU Desa agar sesuai dengan apa yang di cita-citakan bersama,” ujar Ahmad Erani Yustika, saat memberikan sambutan dalam acara Festival Desa Membangun Indonesia, di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta Pusat, Senin (14/12/2015).

Pada tahun depan diharapkan ada akselerasi dalam pelaksanaan UU Desa melalui penguatan koordinasi dan kolaborasi antar-pemerintah dan aktor pemangku kepentingan desa yang berasal dari non-pemerintah. “Koordinasi antar pemerintah dan aktor pemangku kepentingan desa yang berasal dari non-pemerintah penting dilakukan untuk melakukan akselerasi pelaksanaan UU Desa,” tandasnya.

Sebagai penanggung jawab kegiatan Festival Desa Membangun Indonesia, lebih lanjut, Erani menegaskan kegiatan tersebut sebagai peneguhan Gerakan Nasional Membangun Indonesia guna menghimpun gagasan dan pengetahuan untuk didorong sebagai regulasi maupun pembelajaran bersama.

“Selain itu, juga untuk mengangkat tindakan praktik-praktik baik (best practices) dari tingkat desa, kabupaten/kota, dan provinsi untuk pengembangan kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” urainya.

Erani menambahkan, gerakan desa membangun Indonesia merupakan kebijakan strategis yang dirumuskan berdasarkan tri sakti dan catur sakti, bahwa desa harus bertenaga secara sosial, berdaulat secara politik dan bermartabat secara budaya, serta mandiri secara ekonomi.

Konsensus nasional

Akan tetapi, imbuh Erani, membangun desa tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak sekali kendala yang terjadi, mulai dari persoalan yang bersifat substansi paradigmatik, tumpang tindih regulasi, hingga hal-hal yang bersifat teknis.

“Gerakan desa membangun Indonesia ini harus menjadi konsensus nasional dan menjadi gerakan bersama dalam mewujudkan Nawa Cita Pemerintahan Jokowi-JK, yakni membangun Indonesia dari pinggiran,” tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Festival Desa Membangun Indonesia ini mengundang 3000 perserta dan dijadwalkan akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Desa Marwan Jafar, kementerian dan lembaga terkait dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota, serta 1500 kepala desa dari berbagai penjuru Indonesia.

Rangkaian Festival terdiri dari Kongres Desa untuk merumuskan rekomendasi strategis dalam bentuk naskah kebijakan (Roadmap PPMD) dan dokumen Konsensus Nasional, dan Rembuk Nasional Desa Membangun Indonesia sebagai acara puncak.

Kemudian, agenda pokok kegiatan adalah:

1) Laporan Menteri tentang satu tahun pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa

2) Pembacaan Konsensus Nasional

3) Pencanangan Gerakan Nasional Desa Membangun Indonesia oleh MenDesa bersama Presiden RI

4) Dialog Menteri Desa dengan Kepala Desa, perwakilan dari seluruh Indonesia, serta Pameran dan Pertunjukan Seni Budaya Nusantara untuk mempromosikan hasil-hasil kegiatan dari kabupaten lokasi Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) dan Ditjen PPMD, serta dilengkapi dengan arena lomba/pertunjukan seni budaya nusantara.

Salam bKejuangan Nusantara Pembangunan Yang Inklusif dan Berkelanjutan

hanibal Hamidi

Diektur Pelayanan Sosial Dasar

Hanibal2464
#HibahDiriTukDesa
Blog; perdesaansehat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: