Indeks Kemiskinan Multidimensi (IKM)- perdesaansehat.com

Indeks Kemiskinan Multidimensi (IKM)

Konsep Definisi
Indeks Kemiskinan Multidimensi (IKM) mengukur kekurangan (deprivation) setiap individu ke dalam 3 dimensi yaitu kesehatan, pendidikan dan standar hidup. IKM merupakan perkalian antara proporsi penduduk yang mengalami kemiskinan dan intensitas kemiskinan individu.

Rumusan

Kegunaan
– Mengidentifikasi kemiskinan rumah tangga secara multidimensi – Membedakan antara rumah tangga yang miskin dan tidak miskin secara multidimensi

Keterangan Tambahan

Interpretasi
Nilai Indeks Kemiskinan Multidimensi yang dihasilkan menggambarkan persentase rata-rata penduduk yang mengalami kekurangan multidimensi dilihat dari 10 indikator IKM, yaitu : 1. Tidak memiliki anggota keluarga yang telah menyelesaikan pendidikan 9 tahun (SMP) 2. Memiliki minimal satu anak usia sekolah (sampai kelas 9) 3. Memiliki setidaknya satu anggota keluarga yang kekurangan gizi 4. Memiliki satu atau lebih anak yang meninggal dunia 5. Tidak memiliki listrik 6. Tidak memiliki akses air minum bersih 7. Menggunakan bahan bakar memasak dari bahan bakar arang, batubara atau kayu bakar 8. Memiliki rumah dengan lantai tanah 9. Tidak memiliki kendaraan bermotor dan hanya memiliki salah satu barang berikut ini : sepeda, sepeda motor, radio, kulkas, telepon, atau televisi.

Dihasilkan Oleh :
Analisis Sosial Ekonomi Rumah Tangga Usaha Pertanian tahun 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: