Menteri Marwan: tiga prinsip bangun desa – perdesaansehat.com


ANTARA News

Menteri Marwan: tiga prinsip bangun desa

Selasa, 16 Februari 2016 20:26 WIB – 2.555 Views

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar

Menteri Marwan: tiga prinsip bangun desa

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar mengatakan dirinya menerapkan tiga prinsip dalam membangun desa, yaitu pemerintahan (government), gerakan (movement) dan budaya (culture).

“Jadi dalam membangun desa, ada pemerintah sebagai pemangku kebijakan di dalamnya, ada gerakan serta partisipasi masyarakatnya juga, dan harus mengedepankan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal,” katanya di Jakarta, Selasa, dalam acara peluncuran peta desa untuk percepatan pembangunan desa dan kawasan pedesaan.

Menurutnya, ragam budaya dan kearifan lokal dari berbagai desa, akan menjadi satu kesatuan yang akan menjadi spirit tersendiri dalam membangun desa.

Menteri Marwan mengakui, sumber-sumber kebudayaan di desa-desa memiliki potensi dan keunikan yang sangat luar biasa. Sehingga, pembangunan desa juga harus mengedepankan budaya, agar identitas desa tetap terjaga.

“Di Kementerian desa ini unik sebenarnya, seni dan budaya menjadi satu di sini. Karena memang, pembangunan kita semua berporos pada sumber-sumber kebudayaan kita. Karena sebenarnya, kebudayaan di desa-desa itu sangat luar biasa,” katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Marwan meluncurkan peta desa untuk percepatan pembangunan desa dan kawasan pedesaan. Peta desa tersebut nantinya, akan dijadikan sebagai acuan percepatan pembangunan di desa.

“Peta desa akan dijadikan dasar pertimbangan berbagai kebijakan nasional maupun daerah. Ini akan mendukung rencana pembangunan desa dan kawasan pedesaan,” katanya.

Editor: Ruslan Burhani

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: