Kemendes PDTT Kembangkan PAUD Yang “Memeluk” Desa – perdesaansehat.com

image4.jpeg

Kemendes PDTT Kembangkan Pendidikan Anak Usia Dini di Desa

Redaksi Beritaempat 1 day ago Desa dan DT

Jakarta, Beritaempat – Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) bersama Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), mengembangkan pendidikan di desa lewat program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang juga dibantu oleh lembaga donor Australia sebagai kemitraan.

“Lewat rapat bersama, diputuskan agar di 25 kabupaten, sekitar 2000 desa untuk dipastikan telah ada lembaga PAUD di seluruh desa, yang pengembangan atas kualitas PAUD itu sendiri dengan pendekatan yang lebih holistik dan terintegrasi dengan kesehatan, misalnya Posyandu,” papar Direktur Pelayanan Sosial Dasar Hanibal Hamidi, saat ditemui di Kantor Kemendes PDTT, Senin (07/3).

Menurut Hanibal, pertemuan yang juga dihadiri pengurus Himpaudi tingkat propinsi dan kabupaten kota, di Hotel Grand Cemara pada Jumat (04/3) lalu, disepakati agar di setiap desa minimal ada satu PAUD dan segera ditindaklanjuti.

“Keseluruhannya bersama Kementerian Dikbud, kita bersama-sama untuk seluruh desa secara nasional kurang lebih 36 persen belum ada PAUD nanti akan dipenuhi sampai Tahun 2019 diharapkan seluruh desa ada minimal satu PAUD dan kualitas PAUD juga terus di tingkatkan,” paparnya.

Lebih lanjut, Hanibal mengutarakan bahwa pembentukan PAUD tersebut merupakan pemenuhan dari pembangunan infrasruktur dasar desa yang tidak hanya menitik beratkan pada bentuk fisik.

Sebelumnya, Mendes PDTT Marwan Jafar mengunjungi Desa Baru, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengapresiasi penggunaan dana desa yang dipergunakan membangun PAUD dan Posyandu.

“Penggunaan dana desa di desa ini sudah sesuai dengan Permen Nomor 21 Tahun 2015 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. Selain untuk infrastruktur dan penguatan ekonomi, dana desa juga diprioritaskan untuk membangun pelayanan dasar seperti Paud dan Posyandu,” ujar Menteri Marwan. (Hengki Lumbantoruan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: