Hindari Problem Pengiriman TKI, Kemendes Gerakkan Lumbung Ekonomi Desa

Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.
Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.

Hindari Problem Pengiriman TKI, Kemendes Gerakkan Lumbung Ekonomi Desa

Redaksi Beritaempat 5 hours ago Desa dan DT

Bagikan Ke WhatsApp

Jakarta, Beritaempat – Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), melalui Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Hanibal Hamidi, menjelaskan bahwa program Lumbung Ekonomi Desa (LED) memberikan ruang kepada seluruh masyarakat desa untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan desa.

Hanibal menjelaskan bahwa kehadiran program Lumbung Ekonomi Desa (LED) tersebut yaitu untuk meningkatkan masyarakat desa secara ekonomi.

“Lumbung Ekonomi Desa memastikan masyarakat yang kurang berdaya, yang kurang mampu dengan berbagai alasan baik itu soal kecacatan, kekurangan aset produksi dan lain sebagainya, diberikan ruang untuk ikut terliubat secara aktif dan berproduksi bersama-sama masyarakat desa,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa kebijakan yang ramah terhadap masyarakat, yang kurang beruntung tersebut, peningkatan ekonominya harus berbasis sumber daya lokal atau desa. “Sehingga ini memastikan juga terjadi value added (nilai tambah) bagi apa yang terjadi di tingkat desa,” ujarnya.

Hanibal juga menambahkan bahwa dengan adanya Lumbung Ekonomi Desa, secara tidak langsung akan membuka peluang kerja ditingkat desa. “Nantinya pertumbuhan ekonomi bukanlah sebagai akibat dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang diekspor ke negara lain dan sebagainya, yang hanya akan menimbulkan problem perpisahan antar keluarga,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa peningkatan ekonomi dengan mengirimkan pekerja ke negara lain hanya akan menghadirkan anak yang nakal karena kurang perhatian dari salah satu orang tuanya.

“Sekaligus mengesankan bahwa Negara Indonesia dengan semua pendidikannya yang rendah cukup dengan menjadi pembantu saja, maka untuk menghindari semua itu diadakan program Lumbung Ekonomi Desa,” pungkasnya. (Hengki Lumbantoruan)

Bagikan Ke WhatsApp

http://www.beritaempat.com/hindari-problem-pengiriman-tki-kemendes-gerakkan-lumbung-ekonomi-desa/

2 respons untuk ‘Hindari Problem Pengiriman TKI, Kemendes Gerakkan Lumbung Ekonomi Desa

Add yours

  1. Problem pengiriman TKI keluar negri, duakui dan tidak diakui bahwa TKI jg penyumbang devisa yg cukup besas bagi negara,karna TKI perputaran ekonomi di desa semakin baik,rumah rumah yg dulunya tdk layak huni kini menjadi baik dll.walau diluar hanya sebagai pembantu,kita sadari bahwa tingkat sumberdaya yg dimiliki khususnya di desa masih rendah sehingga pekerjaan di luar negri jg kategori rendah. Saya berpendapat pemerintah lah yg seharusnya bertanggung jawab? Dimana didalam UU Dasar bahwa Pemerintah menjamin kehidupan masyarakat serta pendidikan.
    Disisi lain Regulasi tentang kontrak kerja jg penempatan perlu di kaji kembali,dimana yg kurang perlu diberbaiki sehingga kasus TKI bisa berkurang.
    Menjadi TKI bukanlah sebuah cita cita,tetapi katena faktor keadaan .utk itu penyediaan lapangan pekerjaaan juga upah kerja harus disiapkan dan di perhatikan sehingga dapat mengurangi niat ke luar Negri
    Trimakasih cah deso
    Eks TKI

    Suka

    1. Sepakat pak tentang tujuan bernegara adalah untuk pemenuhan hak dasar seluruh warga NKRI, tanggung jawab pemerintah. Bahkan bukan saja terkait kerja/produksi untuk diapstikan tetapi tentang sehat, berpendidikan dan pemukiman juga menjadi tanggung jawab negara untuk terpenuhinya seluruh warga NKRI dimanapun berada. Tentunya bersama masyarakat dan pengusaha nasionalis, pemerintah bergandengan tangan untuk melangkah bersama. Tks. Salam #HibahDiriTukDesa #Desa

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: