JKWD Wujudkan Desa Dengan Kedaulatan yang Berkualitas – perdesaansehat.com

http://www.beritaempat.com/program-jkwd-wujudkan-desa-dengan-kedaulatan-yang-berkualitas/

Program JKWD Wujudkan Desa Dengan Kedaulatan yang Berkualitas
Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.
Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.

Program JKWD Wujudkan Desa Dengan Kedaulatan yang Berkualitas

Redaksi Beritaempat 19 mins ago Desa dan DT

Bagikan Ke WhatsApp

Jakarta, Beritaempat – Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjend PPMD), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), melalui Direktur Pelayanan Sosial Dasar, Hanibal Hamidi, mengatakan bahwa program Jaring Komunitas Wira Desa (JKWD) akan mewujudkan desa, dengan kedaulatan desa yang berkualitas.

Menurut Hanibal, program JKWD tersebut merupakan program unggulan Ditjen PPMD Kemendes, untuk mengembangkan daerah pedesaan.

“Adapun program PPMD ini, yang diunggulkan adalah pertama Jaring Komunitas Wira Desa (JKWD), di mana kegiatan ini atau tematik isu unggulan ini adalah sebuah pendekatan tentang penigkatan kapabilitas masyarakat desa sekaligus peningkatan lembaga desa, baik itu pemerintah desa maupun masyarakat desa,” papar Hanibal saat ditemui di kantornya, Jalan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (11/2)

Kemudian, lanjutnya, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan seluruh masyarakat desa, sehingga memberikan kontribusi bagi kelembagaan masyarakat desa.

Sehingga, ia pun meyakini, bahwa melalui peningkatan kecerdasan dan pengetahuan, maka desa akan mempunyai kedaulatan. “Sehingga terwujudlah gambaran tentang sebuah desa dengan kedaulatan desanya yang berkualitas,” pungkasnya.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, dijelaskan bahwa Jaring Komunitas wira Desa (JKWD) merupakan salah satu dari tiga pilar penting Ditjen PPMD Kemendes. Di mana tiga pilar tersebut adalah Jaring Komunitas Wira Desa (JKWD), Lumbung Ekonomi Desa (LED), dan Lingkar Budaya Desa (LBD). (Hengki Lumbantoruan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: