Balai Rakyat Desa Difungsikan Sebagai Pusat Informasi – perdesaansehat.com

http://www.beritaempat.com/balai-rakyat-desa-difungsikan-sebagai-pusat-informasi/

Direktur Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.
Direktur Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.

Balai Rakyat Desa Difungsikan Sebagai Pusat Informasi

Redaksi Beritaempat Desa dan DT

Jakarta, Beritaempat – Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), melalui Direktur Pelayanan Sosial Dasar (PSD), Hanibal Hamidi, menjelaskan bahwa fungsi balai rakyat yang merupakan hasil dari program Jaring Komunitas Wira Desa (JKWD) adalah sebagai pusat informasi masyarakat desa.

“Jaring Komunitas Wira Desa (JKWD), pilihannya yang utama adalah balai rakyat, di mana balai rakyat ini fungsinya sebagai fusat informasi rakyat. Dan kita (Kemendes PDTT,-red) akan kembangkan balai rakyat tersebut dengan ditambahkan peran yaitu sebagai agen yang utama terhadap peningkatan kapasitas lembaga masyarakat maupun kapabilitas masyarakat desa,” ujar Hanibal, saat ditemui di kantor Kementerian Desa PDTT, Jakarta, Rabu (16/3).

Adapun peran lain yang diharapkan dari balai rakyat, lanjutnya, adalah sebuah instrumen delivery system, yaitu sebuah pendekatan unit kerja atau aktivitas untuk memastikan semua kebijakan tentang desa terutama oleh Kementerian Desa PDTT dapat terlaksana di desa.

“Tentunya ini untuk menjaga tidak ada sebuah pilihan instrumen pembangunan oleh siapa pun, baik kementerian atau lembaga bahkan Pemda yang kemudian tercerai berai atau tidak fokus,” ujarnya.

Ke depan, tambahnya, akan dipastikan juga bahwa lembaga-lembaga tersebut nantinya memiliki organisasi yang kuat baik secara pengetahuan serta pengelolaan yang baik, sehingga berfungsi atas peran sesuai dengan yang diharapkan oleh Kementerian Desa PDTT.

“Pendamping desa dalam konteks ini nantinya menjadi yang utama dalam memerankan fungsi desanya melalui balai rakyat atau pengurus balai rakyat,” tambahnya.

Selain itu, representasi atas sumber informasi tersebut akan memastikan adanya sistem informasi berbasis web atau digital yang ada di balai rakyat, sehingga mudah menyerap informasi yang ada di luar. “Kemudian, sebaliknya tentang potensi-potensi yang ada bisa disebarluaskan,” pungkas Hanibal. (Hengki Lumbantoruan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: