Almanak Desa, Kemendesa – perdesaansehat.com

Almanak Desa sebagai Instrumen Operasional pelaksanaan Pembangunan Desa, baik yang prakarsanya dari masyarakat desa (Desa Membangun), maupun dari luar desa (membangun desa) yang disinkronkan dengan RPJM Desa, berabasis sosial budaya lokal (desentralisasi asymetris). – perdesaansehat.com

Hanibal H.

Home / Nasional / Desa dan DT / Tingkatkan Kapasitas Desa, Kemendes Buatkan Almanak Desa
Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.
Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.

Tingkatkan Kapasitas Desa, Kemendes Buatkan Almanak Desa

Redaksi Beritaempat 23 mins ago Desa dan DT

Bagikan Ke WhatsApp

Jakarta, Beritaempat – Direktur Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Hanibal Hamidi, mengatakan bahwa kegiatan dalam konteks budaya, Kemendes PDTT telah membuatkan almanak desa untuk meningkatkan kapasitas desa.

“Di mana almanak desa ini merupakan sebuah produk yang berbagai macam pendekatan atau alat bantunya baik buku atau dokumen cakram dan lain sebagainya, berisi profil sebuah desa dari perspektif sebuah budaya,” tuturnya saat diwawancari di kantornya, Gedung Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu (30/3).

Ditambahkan Hanibal bahwa di dalamnya juga berisi sejarah-sejarah lama dari sebuah desa dan juga budaya-budaya yang terdapat dalam desa tersebut. “Hal itu dimuat baik kelebihan, kekurangan dan seterusnya dimuat dalam almanak desa,” ujarnya.

Menurut Hanibal, hal tersebut yang akan terus dilakukan oleh Direktorat PSD pada Tahun 2016, sesuai dengan prioritas program Direktorat Jenderal (Dirjen) PPMD) Kemendes.

Selain itu, Direktorat PSD juga mengoperasionalkan instrumen koordinasi fasilitasi maupun intervensi kepada seluruh desa yang ditetapkan berdasarkan indikator-indikator desa membangun. “Di mana desa yang cukup lemah, masyarakatnya nanti akan dibantu, khususnya pada kesehatan dan pendidikan,” jelasnya.

Dijelaskan lebih jauh, bahwa dalam penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, direktoratnya juga dibantu oleh Kementerian Kesehatan dan juga bekerjasama dengan donor dari Millenium Challenge Acount Amerika. (Hengki Lumbantoruan)

Bagikan Ke WhatsApp

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: