Gerakan Masyarakat Hidup Seha – perdesaansehat.com

Buka Rakerkesnas 2016, Menkes Ingin Daerah Perkuat Puskesmas

Firdaus Anwar – detikHealth

Menkes menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan pendekatan keluarga.

Peran daerah dalam mendukung gerakan ini diantaranya dengan menggalang kerjasama lintas sektor sebagai motor pengggerak utama,
Memanfaatkan dana untuk mendukung pelaksanaan program seperti BOK, dana desa, APBD, dsb, serta yang paling penting adalah mengutamakan upaya promotif dan preventif.
#Rakerkesnas2016

Selain itu, peran daerah yang dapat dilakukan untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Keluarga Sehat adalah dengan cara pembinaan kepada puskesmas dalam hal penyiapan data berbasis keluarga di wilayah kerjanya dan memberikan pelayanan sesuai permasalahan kesehatan berbasis keluarga.
#Rakerkesnas2016


MENKES : “Stunting masih tinggi, seluruh pemangku kebijakan baik di provinsi, kab/kota diharapkan mampu menyusun program yang lebih tepat sasaran untuk mengatasi masalah stunting di daerah masing-masing”

Buka Rakerkesnas 2016, Menkes Ingin Daerah Perkuat PuskesmasFoto: Firdaus Anwar
Jakarta – Menteri Kesehatan Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), pada Kamis (31/3/2016) secara resmi membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2016 di Hotel Bidakara, Jakarta. Rapat dihadiri oleh seluruh kepala dinas kesehatan daerah dan membicarakan pencapaian serta target berikutnya di bidang kesehatan.

Menkes Nila mengapresiasi kinerja daerah yang telah mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) pada awal Maret lalu. Sebanyak 20 provinsi telah melebih target dengan cakupan vaksinasinya di atas 95%, lalu ada 11 provinsi yang cakupan vaksinasinya 80-95%, dan 2 provinsi yang cakupannya di bawah 80%.

“Ada dua provinsi yang masih di bawah 80% yaitu Papua dan NTT (Nusa Tenggara Timur -red). Kami mengharapkan daerah yang pencapaiannya di bawah 80% agar tetap melanjutkan sweeping dengan melibatkan lintas sektor sampai dengan 3 April,” kata Nila ketika membuka acara di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Pelibatan lintas sektor ini diperjelas lagi oleh Nila dengan semakin memperkuat pelayanan kesehatan primer. Bila sebelumnya Kementerian Kesehatan berusaha mencapai hal itu dengan program pengiriman tenaga kesehatan ke daerah bernama Nusantara Sehat, maka ke depannya program yang akan dicanangkan adalah Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan Keluarga Sehat.

Baca juga: Pemberian ASI Vs Akses Pornografi

Nila mengatakan Germas dan Keluarga Sehat adalah program kesehatan di mana fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas diminta untuk proaktif melakukan pendekatan keluarga. Artinya tenaga kesehatan tak menunggu masyarakat datang ketika sakit saja tapi harus aktif menghampiri masyarakat dalam hal ini unit keluarga dan melakukan upaya-upaya promosi kesehatan.

“Dari data yang diklaim oleh BPJS ternyata memang penyakit-penyakit katastropik seperti jantung, diabetes, kanker, dan gagal ginjal cukup banyak. Kalau kita tidak menggesernya ke arah preventif promotif masyarakat akan terus menerus terlena menjadi jatuh sakit,” kata Nila.

“Kalau kita lihat di fasilitas kesehatan primer sekarang orang masih banyak datang dalam keadaan sakit, padahal kita inginnya orang datang dalam keadaan yang sehat dan mengecek kesehatannya. Karena itu road map Kementerian Kesehatan mendorong kembali ke arah pendekatan keluarga,” lanjutnya.

Kepada para kepala dinas kesehatan daerah, Nila menyebut agar upaya promosi kesehatan di masyarakat ke depan fokus pada tiga kegiatan terlebih dahulu. Pertama tingkatkan aktifitas fisik masyarakat, promosikan konsumsi sayur dan buah, serta perkuat cakupan deteksi dini penyakit tidak menular.
(fds/up)

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: