Lounching Generasi Cerdas Desa – perdesaansehat.com

Direktur Pelayanan Sosial Dasar Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi. Foto: Hengki/Beritaempat.

Kemendes Targetkan Pengentasan Desa Tertinggal Dengan GSC

Redaksi Beritaempat 3 hours ago Desa dan DT

Bagikan Ke WhatsApp

Jakarta, Beritaempat – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Masyarakat Desa (Ditjend PPMD), jalankan program Generasi Sehat Cerdas (GSC) sebagai instrumen intervensi, serta instrumen fasilitasi dan koordinasi sebagai target pengentasan desa tertinggal dan mewujudkan desa mandiri.

Secara detail, Direktur Pelayanan Sosial Dasar (PSD), Ditjend PPMD, Kemendes PDTT, Hanibal Hamidi, saat ditemui di kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Selasa (26/4), mengatakan bahwa program tersebut merupakan program terkait kesehatan dan pendidikan.

“Generasi Sehat Cerdas (GSC) adalah kegiatan dari kesepakatan Kerja sama Pemerintah Amerika serikat melalui MCAI, Pemerintah Australia melalui DFAD, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan serta Kementerian Desa PDTT dalam kegiatan kesehatan dan pendidikan di desa,” papar Hanibal.

Khususnya, lanjut dia, pada isu stunting dan PAUD berbasis desa, dengan sasaran khusus pada ibu hamil, ibu menyususi, bayi, balita yang tidak terlayani oleh pemerintah dalam hal pemenuhan hak sehat dan hak cerdas di 5.754 desa, pada 66 kabupaten yang status kesehatannya rendah di 11 provinsi terpilih,” paparnya.

Dalam menjalankan program tersebut, jelas Hanibal, Kemendes PDTT melakukan kerja sama yang difasilitasi oleh Kemeterian Keuangan, Kementerian Bappenas dan World Bank.

“Kegiatan GSC sejak Tahun 2016 bukan saja sebagai instrumen intervensi, tetapi juga akan berperan sebagai instrumen fasilitasi dan koordinasi pada 15.000 desa sasaran prioritas integrasi pembangunan desa oleh seluruh pihak terkait pada Tahun 2016-2017 bagi pencapaian target pengentasan 5000 desa tertinggal dan mewujudkan 2000 desa mandiri pada Tahun 2019,” pungkasnya. (Hengki Lumbantoruan)

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: