Pemerintah Harus Benahi Manajemen Sebaran Dokter – perdesaansehat.com

50.000 Rumah Sehat di 50.000 Desa terutama di di Desa dan atau Desa Tertinggal di Perbatasan, Pulau terluar, kabupaten tertinggal dengan status Kesehatan yang rendah adalah jalan keluar bagi permasalahan Rendahnya keterjangkauan pelayanan kesehatan berkualitas terutama bagi suksesnya Kartu Indonesia Sehat saat ini dan target universal coverage pada tahun 2019 yang merupakan salah satau gagasan Presiden yang dimuat dalam dokumen visi dan misi saat proses Pilpres tersahulu.

Rumah Sehat sebagai lembaga masyarakat yang aktifitasnya difokuskan pada Pendidikan Dan pemeliharaan lingkungan dan pola hidup sehat, obat murah, pelqyqnan dokter komunitas selain bidan desa dan budaya donor darah dan Lumbung Gizi masyarakat.

Dimana aktifitas tersebut merefresentasikan Pembangunan Berwawasan Kesehatan Brrbasis Desa yang sejalan dengan visi kesehatan 2025 serta amanah dan mandat UU No 36 tentang Kesehatan. – persesaansehat.com

Hanibal H

Pemerintah Harus Benahi Manajemen Sebaran Dokter

Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo

thumb_430252_05314624052016_dokter.jpg
AddThis Sharing Buttons

RMOL. Komisi IX DPR RI menyatakan pentingnya peran dokter untuk menjaga standar profesi dan standar kompetensi. Karenanya, jangan hanya mengedepankan aspek kuantitatif tetapi mengesampingkan aspek kualitatif.

Anggota Komisi IX DPR Amelia Anggraini menjelaskan bahwa dengan 75 Fakultas Kedokteran yang ada maka jumlah lulusan kedokteran harusnya bisa diatur pendistribusian ke seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya, perhitungan kerja ideal per satu dokter melayani 1.100 penduduk, tapi kenyataannya saat ini untuk melayani 2.270 penduduk.

“Artinya ada manajemen yang salah. Rasio dokter di Indonesia sudah melampaui target, mereka sebagian besar menumpuk di perkotaan,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/5).

Oleh karena itu, menurut Amel, permasalahan penanganan kesehatan di Indonesia bukan jumlah dokter yang kurang melainkan sebaran yang tidak merata. Disebabkan masih kurangnya kemampuan fiskal dan komitmen Kementerian Kesehatan di daerah-daerah.

“Masih ada Puskesmas yang tidak punya dokter sama sekali, terutama di desa-desa terpencil,” ungkap politisi Partai Nasdem tersebut. [wah]

KOMENTAR Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

2 respons untuk ‘Pemerintah Harus Benahi Manajemen Sebaran Dokter – perdesaansehat.com

Add yours

  1. Untuk penyebaran dokter spy merata. Pemda dan swasta bangun pendidikan dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Utamakan mahasiswa asal daerah sendiri. Pemerintah pusat mensupport agar kualitas tetap terjaga. Bravo pak Hanibal Hamidi.

    1. Terima kasih Mbk. , kita harus wujudkan karakter pelayanan kesehatan yang mengutamakan pada setiap manusia yang dilayani dengan memuliakannya sesuai harkat dan martabat manusia tanpa mempertimbangkan semua atribut meterial dan primordial si penderita, melalui pendidikan kedinasan tenaga strategis kesehatan. Slam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑