80 Daerah Ditargetkan Tak Lagi Berstatus Tertinggal – perdesaansehat.com

Upaya Pembangunan Kemandirian Desa Berdasarkan Prakarsa Masyarakat dan Potensi Desa dalam rangka “Desa Membangun” berbasis Musyawarah Desa Yang “Berdaulat, Demokratis dan Berkualitas ” Yang Terintegrasi Dengan Aksi Keberpihakan Pemerintah Dalam Membangun Desa akan memastikan kemajuan Pengentasan 5000 Desa Tertinggal dan Penambahan 2000 Desa Mandiri secara Nasional Akan mempercepat secara signifikan pada Kemandirian Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional secara berkelanjutan.
(Nawa Cita 3, Membangun Indonesia Dari Pinggiran)

Lokasi; Desa Tertinggal dan Desa Maju yang terhubung secara ekonomi dengan desa berkembang dan maju diutamakan di Kabupaten Tertinggal, Perbatasan dan kepulauan terluar. – perdesaansehat.com

Hanibal H

INFOGRAFIK: 5 Tahun, 80 Daerah Ditargetkan Tak Lagi Berstatus Tertinggal

Sebanyak 84 persen dari 122 daerah tertinggal terletak di Kawasan Timur Indonesia.

Ni Putu Kurniasari

11359_ilustrasi-infografik-transformasi-daerah-tertingga_325_183_c.jpg
Pada tahun 2019 nanti, ditargetkan 80 dari 122 daerah tidak lagi berpredikat sebagai daerah tertinggal. (Bareksa/Trijaya)
Bareksa.com – Data Kementerian Desa dan Pemangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menunjukkan ada 122 kabupaten di Indonesia yang masih berstatus sebagai daerah tertinggal. Mayoritas, sebanyak 103, terletak di Kawasan Timur Indonesia Timur. Perinciannya: 29 daerah di Papua dan 22 di Nusa Tenggara Timur.

Ada lima faktor utama penyebab kabupaten-kabupaten itu masih menyandang predikat sebagai daerah tertinggal. Itu adalah minimnya akses ke layanan publik dasar seperti pendidikan dan kesehatan, kualitas sumber daya manusia yang rendah, buruknya infrastruktur, ekonomi rakyat yang tertinggal, serta ketidakmampuan keuangan.

Dalam jangka waktu lima tahun (2014-19), Kementerian menargetkan 80 dari 122 kabupaten tersebut akan dibebaskan dari status “daerah tertinggal”. Strategi yang akan ditempuh adalah dengan program-program untuk meningkatkan akses terhadap layanan dasar publik serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Berikut adalah intisarinya yang dirangkum dalam infografik. (AD | kd)

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: