Realase Kedua Cafe Jamban Dari Sahabat Budi – perdesaansehat.com

RELEASE KE 2 TENTANG CAFE JAMBAN

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera dan Om swastiastu.
Saudaraku semua yang kami hormati.
Kami ucapkan terima kasih atas semua dukungan baik moral, maupun material selama ini terhadap program WC4ALL kami. Termasuk juga dukungan tanpa pamrih terhadap paradox marketing cafe jamban yang kontroversial. Perjuangan di depan masih panjang karena lebih 94 jutaan orang di Indonesia perlu dukungan agar bisa punya akses jamban untuk kesehatan mereka dan kita semua. Mungkin ke depan diperlukan segala upaya yang kreatif untuk membangkitkan kesadaran kolektif memperbaiki kesehatan masyarakat.

Kami ucapkan terima kasih juga pada saudara semua yang kemudian memahami esensi program kami, setelah melihat semua yang ditayangkan di KICK ANDY, sehingga tidak terkecoh dan terhenti pada paradox cafe jamban. Setelah lebih dari 11 tahun kami berjuang tanpa publikasi cukup dan tidak manarik perhatian karena yang dilayani orang kecil yg terpinggirkan, maka disadari bahwa diperlukan sekali waktu, ide kreatif untuk menarik pemahaman bahwa kesadaran memiliki jamban setiap keluarga perlu di bangkitkan bagi semua keluarga dan semua pengambil keputusan sektor yang berhubungan dengan kesehatan rakyat.

Kami ucapkan juga terima kasih kepada Netizen semua yang masih penasaran dan kontra dengan cafe jamban. Mereka yang tidak setuju, yang mengutuk, yang membodohkan, menganggap sinting, gila, kenthir kami, bahkan menuduh jahat dan kafirnya diri kami. Kami dengan ikhlas menerima kritik dan celaan dengan lapang dada. Bahkan secara tidak langsung ramainya “bully” anda semua telah membentuk drama yang luar biasa sehingga esensi apa yang kami perjuangkan mulai dilihat banyak orang bahkan para pengambil keputusan utama negeri ini.

Seperti yang jadi konsern kami, saat ini di 70 tahun kita merdeka, masih lebih dari 94 juta penduduk Indonesia masih belum punya akses jamban. padahal Jamban adalah kebutuhan dasar keluarga untuk menjadi sehat. Banyak ketidak nyamanan orang bila tidak punya jamban bahkan kecelakaan berakibat kematian wanita dan anak karena BAB di sungai. Secara sosial BAB di sungai dan kebun menyakiti orang lain krn tiap orang BAB, lebih 3 milyar kuman mencemari lingkungan. Bahkan secara agama, ini sungguh bertentangan dengan sunnah Rosullulah Muhammad SAW yang mengatur BAB dengan baik dan sehat. Semua ini terjadi karena kekurang berdayaan rakyat dan semua yang bertanggung jawab melayani rakyat menuju sehat.

Akibat dari keadaan di atas, rakyat terancam oleh penyakit infeksi menular usus seperti TIPUS, DIARE, DESENTRI, HEPATITIS A, CACING, PARATIPUS, KOLERA dll. Penyakit ini menyebabkan lebih dari 160.000 kematian rakyat tiap tahun, menyebabkan kita semua sering tertular infeksi usus, penyebab nomor satu orang masuk rumah sakit di seluruh Indonesia. Secara ekonomi penyakit ini mengurangi pendapatan rakyat dan menaikan ongkos sakit rakyat. Badan dunia mencatat lebihd ari 56 trilyun kerugian rakyat tiap tahun karena sakit ini. Keadaan ini juga menyebabkan Indonesia dikategorikan sbg negara yg belum berhasil membangun rakyat, gagal mencapai bbrp indikator membangun (MDGS).

Bapak. Ibu dan saudara semua seperjuangan semua. Pemerintah sudah melakukan upaya semaksimalnya merubah keadaan ini. Tetapi kenyataan, masih diperlukan peran aktif kita semua membantu mengentaskan keadaan. Karena keluarga tanpa WC umumnya adalah keluarga dengan keterbatasan pendidikan,ekonomi, pengetahuan dan kesadaran kesehatan, sosial, agama yang rendah maka melayani mereka merupakan perjuangan tanpa pamrih, tanpa pujian dan tanpa bayaran. Inilah yang membuat jarangnya dokter dan profesional relawan lain bersedia melakukannya. Tetapi dengan niat baik dan ikhlas Kami dan Yayasan Wahana Bakti (www.budihusada.org) mewakili semua untuk melayani mereka.

Bapak Ibu Sdr semua terkasih. Kami menerima tuduhan sbg dokter gila, sinting dll dengan lapang dada karena memang untuk melayani mereka di jaman saat ini, diperlukan dokter yang sinting dan gila yang tidak seperti normalnya dokter yang dilihat saat ini. Ditengah pandangan semua melihat dokter yang bersih tangan nya dan necis di klinik dan rumah sakit, kami berkotor ria di rumah kumuh rakyat kita. Ditengah persepsi dokter sbg suami yang ideal dan memenuhi kebutuhan keluarga, kami lebih dari 11 tahun tidak memberi gaji kami kepada istri dan keluarga karena untuk membiayai dan mewujudkan konsep jamban rakyat kami, membangun ribuan jamban sbg pilot dan advokasi sistemik agar jamban sbg unsur sanitasi utama diperhatikan (alhamdulillah konsep ini sudah diterima Bapak Kasad / Pangap sbg konten TMMD nasional dan ratusan ribu jamban keluarga terbangun saat ini dan terus terbangun, bahkan Kemendes telah siap menerima menjadi konsep pembangunan Desa). Ditemgah dokter sbg pejabat PNS yang mapan, kami memilih mengundurkan diri dari semua jabatan struktural lebih dari 12 tahun lalu dan tidak pernah mengurus kenaikan pangkat selama ini. Ditengah arus semua PNS ingin berkarier dan menduduki jabatan, kami memilih mengambil pensiun dini untuk lebih mendekatkan diri dengan upaya yang selama ini kami perjuangkan walau tanpa harapan reward apapun. Bahkan sebagai Doktor satu satunya di Dinas, kami memilih melayani karena keyakinan konsep dasar SCIENCE IS FOR LIFE, bukan untuk promosi jabatan. Bahkan di hari tayangan KICK ANDY, adalah hari pertama kami menikmati pensiun kami.

Bapak Ibu dan saudara terkasih. Bagaimanapun juga kami mohon maaf bila ada ketidaknyamanan atas paradox CAFE JAMBAN yang kontroversial. Cafe ini Cuma media murah yang bisa kami lakukan untuk dialog dan diskusi bagi intelektual, mahasiswa dan orang peduli santiasi nasional, bukan bermaksud menjijikan anda semua. Yakinlah ini Cuma salah satu bagian kecil dari upaya menaikan kesadaran. Ada upaya lain seperti SOCIOECOTOURISM JAMBAN. yang mengundang semua untuk wisata di Semarang dan melakukan aksi langsung membantu orang tidak punya jamban untuk punya. Upaya ini sudah mendatangkan wisatawan dari Australia, Thailand dan banyak lainnya. Juga grup Band JUMP BAND yang menghibur dan mendorong orang membangun jambannya, dilakukan oleh pemuda binaan kami bersama BNN dari orang yang terpinggirkan karena narkoba yang telah sehat.

Bapak, Ibu dan Saudara semua, ke depan kita masih memerlukan aksi terus menerus dan kuat mendorong pembangunan kesehatan rakyat. Oleh karena itu mari kita satukan upaya membantu pemerintah karena tanpa rakyat sendiri, pemerintah tidak mungkin melakukannya. Bahkan ketika terjadi penurunan semangat melayani oleh banyak orang yang mendapat amanah, peranan kita makin diperlukan. Yakin bahwa ini semua juga untuk kita, rakyat sendiri. sekali lagi mari kita ber REKONSILIASI, bersatu , saling memafkan dan bila CAFE JAMBAN kami melanggar hukum dengan senang hati kami akan menutupnya. Kami mengutamakan kesatuan dan persatuan, tetapi bila tidak satu, mari kita saling menghormati perbedaan sebagai rahmat bagi kita semua.

Bapak Ibu Sdr semua, ke depan kami akan berjuang untuk menjadikan sanitasi jamban agar diperhatikan Pemimpin kita , Presiden dan semua Menteri, Gubernur, Bupati, DPR dan DPRD untuk memprioritaskan pembangunan jamban yang murah dan mudah ini sebagai titik masuk menuju keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (PANCASILA). Bahkan kepada Rakyat semua pemilik kedaulatan bangsa, mohon jadikan pembangunan sanitasi jamban sbg usulan pembangunan di desa, kelurahan anda agar semua rakyat menjadi lebih sehat. Setiap dari Anda mempunyai peranan, mulai dari membuat surat untuk pemimin, wakil kita di DPR dan mengusulkan di desa / kelurahan kita sbg program pembangunan desa. Bahkan bila berkemampuan, sedekahkan pemahaman pentingnya sanitasi ini kepada tetangga kita serta sodakohkan sedikit rejeki anda untuk mendorong semua keluarga mempunyai jamban. Yakinlah sedikit kepeduian anda kepada tetangga yang belum punya jamban akan membangkitkan kesadaran mereka untuk membangun swadaya sanitasi jamban yang pada gilirannya melindungi kesehatan kita sendiri dan semua rakyat.

Demikian dan terima kasih

Salam

DR. Dr. H. BUDI LAKSONO, MHSc
Relawan kemanusiaan Indonesia.
www.budihusada.org
blaksono

Salam Kejuangan Nusantara Pembangunan Yang Inklusif dan Berkelanjutan Berbasis Desa

Hanibal H

Direktorat Pelayanan Sosial Dasar
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Hanibal2464
#HibahDiriTukDesa
Blog; perdesaansehat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: