Perdesaan Sehat Dalam Kongres IAKMi – perdesaansehat.com

Perdesaan Sehat sebagai strategi pembangunan berwawasan kesehatan berbasis desa.
Perdesaan Sehat saat ini diopersaionalkan melalu Program Nasional Rumah Desa Sehat.

Konsep RDS adalah memastikan ketersedian dan Fungsi peran dokter peuskesmas/dokter komunitas, dan Bidan Desa sebagai faktor utama serta Ketersediaan dan kualitas Air bersih, sanitasi dan Gizi seimbang sebagai faktor pendukung dalam satu Wilayah Perdesaan dengan konstanta Indepndent adalah Puskesmas.

Harus dapat dipastikan dengan kendali Puskesmas dengan fokus kegiatannya pada 6 Kegiatan utamanya (Basic six) terlaksana dengan baik di desa desa yang menjadi wilayah kerjanya. Perdesaan Sehat sebagai kesatuan terkecil (Primer) pembangunan nasional berwawsan kesehatan (Pembangunan bidang kesehatan, bukan sektor kesehatan).

Bila kondisi tersebut terjadi, maka dapat dipastikan kualitas kesehatan desa/perdesaan /kab/Kota/Prov dan nasional akan terjadi percepatan peningkatan secara optimal. Dengan indikatornya, penurunan AKI, AKB, dan angka kesakitan akan menurun secara maksumal. Dampaknya Angka Harapan Hidup akan meningkat dengan serta merata.

Program Rumah Desa Sehat yang telah ditetapakan sebagai Prioritas Nasional di bawah pemantauan KSP untuk memastiqkan pelaksanaan pembangunan 50.000 RDS di 50.000 Desa pada th 2019.

Semoga permaslahan keterjangkauan dan kualitas pelayanan kesehatan di desa dapat terkoreksi maksimal sehingga pelaksanaan BPJS dapat dipastikan akan sukes. Amin.
perdesaansehat.com

Hanibal Hamidi




Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑