Rakor Manajemen Kependudukan, Kesehatan, Sosial Dasar, 09,2016 – perdesaansehat.com

“IAKMI” telah memilih langkah strategis bagi pembangunan yang bermuara bagi harkat dan martabat manusia melalui gagasan pertemuan berbagai pihak terkait dengan pencapaian kesejahteraan masyarakat desa.

Saatnya mengembalikan pembangunan kesehatan nasional pada pembangunan bagi Peningkatan Kualitas Kesehatan yang diukur melalui Indeks Angka Harapan Hidup. Sesuai amanah UU No36, tahun 2009, pembangunan kesehatan ditujukan pada PENINGKATAN KESADARAN, KEMAUAN DAN KEMAMPUAN SETIAP INDIVIDU AGAR TERCAPAI DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT YANG SETINGGI-TINGGINYA YANG MAMU DICAPAI.

Pembangunan kesehatan, bukanlah pembangunan oleh Kementerian Kesehatan semata, apalagi hanya pembangunan Kedokteran saja. Pembangunan kesehatan harus memastikan adanya peran negara dalam paradigma “Pembangunan Yang berwawasan Kesehatan”, serta penyediaan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang paripurna (Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif), yang bersinergi dengan peran masyarakat untuk hidup sehat dalam setiap wilayah otonomi pemetintahan si semua tingkatan,

Peran Rumah Desa Sehat sebagai program yang diinisiasi oleh Capres pemenang Pilpres tahun 2014, dalam dokumen visi dan misinya dengan nama Rumah Sehat yang ditetapkan sasarannya adalah 50.000 Desa sampai pada tahun 2019, Rumah Desa Sehat, ditujukan bagi aksi keberpihakan Kabinet Kerja terhadap permasalahan kualitas kesehatan masyarakat desa selaku anggota BPJS sebagai bagian dari pemenuhan hak dasar oleh negar. Optimalisasi peran Puskesmas melalui Rumah Desa Sehat yang memastikan ketersediaan dan kualitas; “Dokter Puskesmas dan Bidan Desa dalam melaksanakan 6 pelayanan  dasar disertai  Peran serta masyarakat dalam ketersediaan dan kualitas Air Bersih, Sanitasi dan Gizi Seimbang, bagi kebutuhan setiap manusia sesuai kebutuhan masing-masing sesuai siklus hidup normatif manusia, terutama pada 1000 hari kehidupan dan balita Pembangunan Berwawasan Kependudukan berbasis desa (UU 25 SPPN/UU 52 Manajemen Kependuduka).

Semoga Kemandirian Desa akan segera terwujud, sehingga Kedaulan dan Kemandirian NKRI yang berkelanjutan akan segera terwujud. Amin” – perdesaansehat.com

Hanibal Hamidi

Salam Kejuangan Nusantara Pembangunan Yang Inklusif dan Berkelanjutan Berbasis Desa

Hanibal H

Direktorat Pelayanan Sosial Dasar
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Hanibal2464
#HibahDiriTukDesa
Blog; perdesaansehat.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: