Kementrian Desa Gelar FGD Sistem Informasi Desa di Kiarasari – perdesaansehat.com

MenuBerandaKabar Desasejarah desapeta desaprofil dan statistikKabar DusunKegiatan DesaPEMBANGUNANKEAGAMAANPEREMPUAN DAN ANAKKESEHATANPertanianSOSIALpemerintahanpemerintah desabpdperaturan desaanggaran desalayananlembagaMUIlpmlinmaspaguyuban Baris KOlotKarang TarunaPKKGapoktanPotensi DesaWisataHome IndustriKerajinanPerikananGaleriPhotoVideo

Menu

Skip to content

Kementrian Desa Gelar FGD Sistem Informasi Desa di Kiarasari

Kamis 22 September 2016 kemarin, Direktorat Pelayanan Sosial Dasar pada Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal melakukan Focus Group Disscusion (FGD) di Desa Kiarasari. Kegiatan ini diikuti oleh Pemerintah desa, BPD, LPM, Karang taruna, Kelompok Tani, KPPD, PKK dan Tokoh adat. Hadir dalam kesempatan ini Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor dan Direktur Pelayanan Sosial Dasar. Acara dimulai dari jam 09.00 – 16.00. Rangkaian kegiatan terdiri dari Seminar, FGD dan kunjungan lapangan untuk melihat peran serta masyarakat dalam penggunaan dana desa.

sambutan-kepala-bpmpd

Sambutan Kepala BPMPD Kabupaten Bogor

Dalam sambutanya Kepala Desa Kiarasari Nurodin alias Jaro Peloy (JP) mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Kementrian desa dan BPMPD Kabupaten Bogor yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. ‘Sistem informasi desa adalah hak warga untuk menerima dan menyampaikan informasi, inisiatif pemerintah desa dimaksudkan untuk mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa terlebih lahirnya UU desa memberikan pengakuan yang luas terhadap asal usul dan susunan asli masyarakat desa (Rekognisi). UU Desa dimaknai sebagai bentuk hadirnya negara di desa.”. Sedangkan Kepala BPMPD Kabupaten Bogor merasa senang dapat hadir di Kiarasari, Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan apresiasi kepada desa-desa yang sudah mulai menginisiasi untuk memanfaatkan Sistem informasi desa sebagai cara untuk mempublikasikan potensi yang dimiliki desa. Namun demikian diakui Kepala Badan hingga saat ini belum ada rujukan atau regulasi yang jelas mengatur peran Pemerintah Kabupaten dalam mendukung sistem informasi desa.

blusukan-bpmpd-dan-kemendes

Kunjungan Lapang Direktur PSD, didampingi Kepala BPMPD dan Kepala Desa Kiarasari di RW 04 Pasirpari

Program saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh desa dalam meningatkan pelayanan kepada masyarakat, menyebarluaskan potensi dan perkembangan dari realisasi dana desa. Aplikasi ini dilinkarge dengan domain desa.id sebagai domian resmi desa. Sedangkan Direktur Pelayanan sosial dasar mengraharapkan nilai-nilai budaya, keragamaan dan gotong royong menjadi dasar untuk mendorong pembangunan desa. Kemendes melakukan kegiatan didesa untuk lebih dekat dan membangun proses belajar yang lebih baik.

Sesi FGD sendiri dibagi dalam 2 kelompok. Masing-masing kelompok membahas fokus yang berbeda. Kelompok 1 membahas kelembagaan dan regulasi. Hasil pembahasan kelompok ini merekomendasikan pentingnya peraturan tentang Sistem informasi desa, dukungan kelembagaan dan alokasi anggaran yang memadai. Sedangkan fokus kelompok II membahas informasi yang jadi kebutuhan warga, manajemen pengeolaan serta input dan output dari informasi yang dapat disajikan. Iyus Ruswana juru bicara dari kelompok II menyebutkan bahwa “Sistem informasi desa hukumnya wajib, untuk mengabarkan potensi dan pembangunan desa pada dunia.” Sedangkan Asep Supriatna yang jadi perwakilan kelompok 1 mengharapkan pemerintah daerah terus pro aktif mendukung kegiatan SID agar warga desa lebih berdaya.”. Diakhir sesi Direktur PSD memberikan kenang-kenangan kepada Kepala Desa Kiarasari.

bareng-berfotooo

Foto bersama peserta FGD Sistem Informasi Desa

Acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan, kunjung lapang meninaju hasil pembangunan jalan lingkungan di RW 04 Kampung Pasirpari yang didanai dari dana desa. Pembangunan jalan lingkungan dari target 1000 meter dapat mencapai 1.800 meter. Kesuksesaan ini dihasilkan dari kerjasama dan semangat gotong-royong yang tinggi. Direktur PSD dan Kepala BPMPD merasa puas atas hasil yang telah dicapai semoga kekompakan kebersamaan dan nilai-nilai budaya dapat dipegang teguh menuju KIARASARI MANISS

ustad-iyus-presentasi

Presentasi hasil diskusi Kelompok

penyerahan-kenang-kenangan-kemendes

Penyerahan Plakat dari Direktur PSD kepada Kades Kiarasari disaksikan Kepala BPMPD Kabupaten Bogor.

Post navigation

← Musyawarah Rencana Pembangunan Dusun Partisipatif Pra Kondisi Musrenbangdes 2017

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: