MusRenbang Dusun Partisipatif Pra Musrenbangdes 2017 | Desa Kiarasari Bogor – perdesaansehat.com

“Kerangka kerja serta tahapan alur kerja perencanaan tahunan pembangunan desa secara bertahap dan berjenjang sesuai struktur administrasi wilayah di desa, adalah pilihan pendekatan yang cukup inovatif dalam kerangka peningkatan kepastian seluruh warga desa telah berpatisifasi dalam perencanaan pembangunan desa melalui musyawarah desa yang demokratis serta berkualitas sehingga mampu menghasilkan perencaan pembangunan desa yang tepat sesuai potensi desa yang ada, dan priortas utama bagi desa sehingga perlahan mampu meningkatkan dampak pembangunan sesuai harapan aemua warga desa secara bertahap khususnya pemenuhan Hak Dasar.” – perdesaansehat.com
HanibalHamidi

Musyawarah Rencana Pembangunan Dusun Partisipatif Pra Kondisi Musrenbangd

p_20151101_105223

Suasana Kampung Cirewed

Cirewed 18/09/2016 bertempat di Pondok Pesantren Darussalam telah berlangsung Musyawarah Rencana Pembangunan Dusun secara Partisipatif. Musdus diikuti oleh Perwakilan dari RW 01 Kampung Cirewed dan RW 02 Pasirbendera. Musdus dihadiri oleh Ketua RW, RT, Ketua Pemuda, Kader Posyandu, PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Kelompok Perempuan dan Komunitas Pemuda Peduli Desa (KPPD) dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang. Kepala Desa dan Ketua BPD Kiarasari bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Ketua BPD menyampaikan bahwa perencanaan harus dilakukan bersama dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. “Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan hukumnya wajib, karena jika direncanakan dan disepakati bersama tentu akan dijalankan bersama, hasilnya pun harus dirasakan bersama.” demikian ujar Ketua BPD.

musdus-cirewed

Peserta Musdus menyimak materi

Sedangkan Kepala Desa Kiarasai Nurodin alias Jaro Peloy (JP). Memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah hadir dalam kegiatan. JP berharap bahwa perencanaan yang dibuat harus didasarkan pada kebutuhan bukan hanya keinginan. Dalam paparanya JP melakukan evaluasi terhadap beberapa persoalan penting dimana masyarakat harus kritis juga melihat persoalan yang ada dilingkungan. “Kegiatan pembangunan harus diawasi secara baik, agar hasilnya baik pula, peran aktif masyarakat adalah memberikan informasi, usulan dan lagi-lagi memberikan solusi untuk penyelesaian masalah.” Beliau mengajak semua pihak bersama-sama bekerjasama, bahu membahu untuk kemajuan desa. Pemerintah desa dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga, terbuka dalam anggaran dan penggunaan, untuk itu perencanaan harus terarah, realistis serta memiliki dampak untuk perbaikan kehidupan.Diakhir paparanya dia menegaskan “Tidak ada lagi perencanaan yang tiba saat tiba akal, apalagi perencanaan yang dilakukan sepihak tanpa melibatkan masyarakat.

Prioritas kebutuhan pembangunan dari 2 lingkungan RW yaitu RW 1 dan 2 bertumpu pada bidang kesehatan seperti penyediaan air minum, SPAL dan IPAL, Posyandu terintegrasi. Dibidang pengembangan ekonomi muncul pertanian, peternakan dan perikanan termasuk pembangunan infrstruktur seperti irigasi. Pemberdayaan pemuda dan seni yaitu penyediaan lapangan sepakbola tingkat dusun dan kreasi seni budaya. Sedangkan Kelompok Perempuan mengharapkan adanya pemberdayaan usaha mikro dari pengembangan panganan lokal.

Musdus kali inipun memutuskan delegasi yang akan mewakili masing-masing RW hadir di Musrenbangdes. Unsur yang disepakati terdiri dari d Ketua pemuda, Tokoh Masyarakat, Kelompok perempuan dan tokoh adat ditambah dengan Ketua RW dan RT.

musdus-1-yes

Anggota BPD dan Pemerintah Desa mencermati Diskusi

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: