PETANI PELOPORI GERAKAN NASIONAL KONSUMSI PANGAN SEHAT PADA PERINGATAN HARI PANGAN DUNIA

PETANI PELOPORI GERAKAN NASIONAL KONSUMSI PANGAN SEHAT PADA PERINGATAN HARI PANGAN DUNIA

admin 7 hours ago Nasional, PanganLeave a comment 51 Views

beritapetani.com | Yogyakarta – Ketua Umum (Ketum) Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (PETANI) Satrio F. Damardjati mengatakan bahwa seluruh pihak yang terlibat dalam penyediaan bahan pangan kini dituntut harus inovatif dan kreatif terutama bagi para petani, nelayan maupun produsen pangan lokal. Hal ini disebabkan perubahan iklim global yang merupakan salah satu ancaman besar dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Menurut Satrio Damardjati bahwa para petani dan nelayan menjadi pihak pertama yang merasakan dampak dari perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu secara otomatis mempengaruhi kualitas panen ataupun hasil tangkapan ikan, oleh karena itu jika tidak melakukan inovasi dan kreativitas produksi yang berbasis pada kearifan lokal masing-masing wilayah maka dampaknya bisa terjadi gagal panen. Satrio menambahkan bahwa melihat kondisi anomali tersebut, maka bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Dunia ini, maka PETANI yang dalam hal ini melalui Terminal Agribisnis PETANI DIY, Laboratorium PETANI Unit Bantul, Laboratorium Kedaulatan Pangan dan Agribisnis (Lab. KPAK) PETANI Unit Kulon Progobekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP Kementan), Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM), PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero melaksanakan deklarasi pencanangan GERAKAN NASIONAL KONSUMSI PANGAN SEHAT serta mengajak semua pihak untuk mendukung dan mewujudkan gerakan ini (red: GERAKAN NASIONAL KONSUMSI PANGAN SEHAT).

“Pada Hari Pangan Dunia ini, kami (red: PETANI) mempelopori untuk melakukan pencanangan GERAKAN NASIONAL KONSUMSI PANGAN SEHAT di kondisi perubahan iklim global seperti kemarau basah yang saat ini sedang melanda Indonesia merupakan tantangan bagi para PETANI. Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak untuk mendukung gerakan ini, baik proses produksi pangan segar sehat ataupun proses pengolahan pangan sehat.” ujur Ketum PETANI ini disela-sela selesai penandatangan pencananngan GERAKAN NASIONAL KONSUMSI PANGAN SEHAT yang dilakukan oleh Walikota Yogyakarta Bapak Haryadi Suyuti, Kepala BKP Kementan Bapak Gardjita Budi, Komisaris Utama PT. PPI Persero Bapak Rachmat Pambudy dan rombongan dari Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM), Kementerian Koperasi dan UKM di Balai Kota Yogyakarta (Rabu, 26/10/2016).

GERAKAN NASIONAL KONSUMSI PANGAN SEHAT ini adalah salah satu misi strategi untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional dimana pangan sehat merupakan tulang punggung kedaulatan bangsa. Selain itu, pencanangan gerakan ini dilaksanakan di Kota Yogyakarta yang merupakan kota budaya dan kota kuliner, jadi sangat diharapkan gerakan ini akan bergerak secara masif untuk mewujudkan outputnya yang bermanfaat bagi rakyat maupun bangsa.” jelasnya Satrio Damardjati.

(Ketua Umum PETANI menyaksikan penandatangan Pencanangan GERAKAN NASIONAL KONSUMSI PANGAN SEHAT oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Dr. Gardjita Budi, Komisaris Utama PT. PPI Persero Dr. Rachmat Pambudy, KemenkopUKM dan BPOM)14875026_1231324463606794_899972353_n

http://beritapetani.com/petani-pelopori-gerakan-nasional-konsumsi-pangan-sehat-pada-peringatan-hari-pangan-dunia/

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑