Mengurai Mimpi Desa Mandiri Bersama Petani Berdaya,Desa Wlaharwetan – perdesaansehat.com

wp-1479284251999.jpg

Mengurai Mimpi Desa Mandiri Bersama Petani Berdaya (Sekolah Tani Edisi #3)

wlaharwetan

Pembelajaran ekologi tanah, semakin membuat kami serasa menjiwai dan menggembirakan. Salah satu bentuk pendidikan pertani yang sangat penting kami butuhkan era saat ini adalah bagaimana petani-petani desa bergerak pada sisi pengelolaan ekosistem pertaniannya. Menjadi petani berpuluh-puluh tahun tentunya pengalaman yang didapatkan dalam bertani sudah barang tentu sangat hafal berbagai cara dan teknik bertani, tapi ada satu tujuan yang pasti terlupakan oleh mereka sendiri, yakni belum terbesit pemikiran menjaga keberlangsungan media tanah di persawahan untuk keberlangsungan ekologi dan lingkungan. Hari ke-3 pada Sekolah Tani ini mencoba mendorong dan mengungkapkan, kemudian mencoba menyusun ulang sebagai bahan pencerahan bagi masing-masing petani dalam proses membangun ilmu pengetahuan pertanian ramah lingkungan yang berkelanjutan.

Para petani sedang melakukan percobaan bersama mengenai pengaruh bahan organik pada masing-masing media tanahPercobaan alat uji tes mengenai proses kandungan organik dalam berbagai media tanah

Untuk membangun kerangka tujuan Pembelajaran Ekologi Tanah dan memberi kontribusi dukungan Pemerintah Desa Wlahar Wetan pada kerangka pemberdayaan petani, maka pembelajaran ekologi tanah (PET) mempunyai 4 (empat) peranan penting, yaitu :
1. PET sebagai proses penguatan analisa ekosistem;

2. PET sebagai proses penguatan sains petani;

3. PET sebagai proses pencerahan dan pembenaran;

4. PET sebagai proses penguatan organisasi petani.

Daftar Pustaka : http://www.agrotani.com/pembelajaran-ekologi-tanah-pertanian-sri/

http://wlaharwetan.desa.id/mengurai-mimpi-desa-mandiri-bersama-petani-berdaya-sekolah-tani-edisi-3/

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑