Konsinyering Konsolidasi Pertanggungjawaban Pada masyarakat selaku pemilik kedaulatan tertinggi NKRI – perdesaansehat.com

“Selaku penanggung jawab pelaksanaan Kegiatan Generasi Sehat Cerdas (GSC) yang dibiayai oleh Pemerintah (Pusat-Daerah), World Bank (Dunia), MCA (USA) dan DFAT (Australia) maka harus dapat dipastikan konsoolidasi seluruh laporan pelaksnaan kegiatan dan penggunaan anggaran telah sesuai dengan perencanaan yang disusun untuk mencapai sasaran strategis yang ditetapkan untuk dicapai.

Kegiatan yang difokuskan pada isue Pemberdayaan masyarakat desa bagi keterjangkauan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas di 5.753 Desa pada 66 Kabupaten yang status kesehatannya rendah di 11 Provinsi, harus dipastikan audit konfrehensif dalam pelaksanaan dan pencapaiannya.

Berdasarkan amanah UU Desa yang diterbitkan tahun 2014, serta PerPres no 2 tahun 2015, tentang RPJMN 2015-2019, dalam Agenda Nawa Cita 3, Babak baru Pembangunan Desa (Pembaharuan Desa) dimulai. Dimana pembinaan tentang Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat desa ada di bawah tanggung jawab kementerian Desa, PDTT bersama kementerian dalam negeri di sisi pemerintahannya.

Berdasarkan azas Rekognisi dan Subsidieritas, maka Pengakuan atas kewenangan yang telah ada sebelum NKRI di deklarasikan pada tgl 17 Agustus 1945, yaitu Kewenangan Lokal Skala Desa dan Asal Usul yang pelaksanaan kedaulatan otonomi pemerintahan desa melalui “Musyawarah Desa” yang demokratis dan berkualitas diharapkan berkontribusi secara bermakna bagi kemajuan Pembangunan Indonesia secara nasional sesuai agenda nawa cita 3, Membangun Indonesia dari pinggiran.

Semoga direktorat Pelayanan Sosial Dasar melalui seluruh kegiatannya dapat kami pertanggungjawabkan dalam mendorong pengentasan 5000 Desa Tertinggal dan mewujudkan 2000 Desa Mandiri pada tahun 2019 dalam jangka menengah, sekaligus dalam mencapai 9 tujuan UU Desa. Selain itu, dapat juga dipertanggungjawabkan atas administrasi keuangannya. Amin. – perdesaansehat.com

Hanibal Hamidi
Direktur Pelayanan Sosial Dasar

2

5

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑