Optimalisasi GSC Tingkatkan Derajat Hidup Masyarakat

Optimalisasi Program GSC Tingkatkan Derajat Hidup Masyarakat

Jumat, 23 Desember 2016 23:23 WIB

http://harianterbit.com/m/humaniora/read/2016/12/23/74973/0/40/Optimalisasi-Program-GSC-Tingkatkan-Derajat-Hidup-Masyarakat

Jakarta, HanTer – Direktur Pelayanan Sosial Kementerian Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (PDTT), Hanibal Hamidi mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan Program Generasi Sehat dan Ceras (GSC) untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat.

Hingga saat ini, kata dia, Program GSC telah menjangkau 5.753 desa di 499 kecamatan dan 66 kabupaten yang tersebar di 11 provinsi, dengan alokasi dana kegiatan GSC sebesar Rp311 miliar untuk tahun anggaran 2016 ini.

“GSC merupakan upaya pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan kualitas layanan sosial dasar khususnya bidang pendidikan dasar dan kesehatan ibu dan anak dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat Desa,” kata Hanibal di Jakarta, kemarin.

Untuk bidang kesehatan, kata dia, GSC melakukan intervensi terhadap 12 indikator. Diantaranya, pemeriksaan kesehatan kehamilan dan perawatan persalinan, pemberian imunisasi kepada bayi baru lahir, pemeriksaan kesehatan balita, dan pelatihan kepada tenaga kesehatan.

Sementara pada bidang pendidikan, Kemendes PDT bersama Kemendikbud dengan Bank Dunia dan Pemerintah Australia, melaksanakan program PAUD Desa guna meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan usia dini terutama kepada masyarakat miskin. “Ditargetkan 15 ribu guru di 25 kabupaten di wilayah Generasi Sehat dan Cerdas akan menerima pelatihan berstandar nasional yang berlangsung hingga 2017,” jelasnya.

Pada 2016 ini, lokasi Pilot PAUD Desa tersebar di 11 Provinsi, 25 Kabupaten, 252 Kecamatan dan 2.755 Desa dengan jumlah Peserta Pelatihan Dasar sebanyak 7.386 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan di 2.551 Desa dengan 80 gelombang dengan jumlah kelas mencapai 203 kelas pelatihan.

Menurutnya, upaya-upaya tersebut merupakan bagian dari insturksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo yang menginginkan terjadinya percepatan pembangunan kemandirian desa.

“Yang saat ini kita harus lakukan adalah percepatan pembangunan kemandirian desa dengan penggunaan dana desa, serta fokus mengembangkan one village one product melalui BUMDes-BUMDes,” kata Eko.

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑