Program Rumah Sehat Desa Belum Terealisir, Suara Rakyat Membangun – perdesaansehat.com

Program Rumah Sehat Desa Belum Terealisir

Banner Sportanews

07 February 2017 09:31 WIB | Jurnalis : Budi Seno P Santo

JAKARTA (SK) – Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 disebutkan Program Rumah Sehat Desa akan di bangun di 50 ribu desa di berbagai wilayah di Indonesia.

Namun, sejauh ini program tersebut masih belum terealisasi. Rumah Sehat Desa, merupakan salah satu program pembangunan nasional Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tertuang dalam RPJMN dan masuk dalam dokumen visi-misi Presiden.

Direktur Pelayanan Sosial Dasar, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Hanibal Hamidi, di Jakarta, akhir pekan lalu menyatakan, Program Rumah Sehat Desa merupakan prioritas pembangunan nasional, yang pembangunannya diamanatkan kepada Kemendes PDTT.

Sedangkan, untuk operasionalnya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi dan Daerah.

Program itu, lanjutnya, belum bisa berjalan karena persoalan pembiayaan atau anggaran. Program ini sangat strategis dalam upaya menyediakan pelayanan kesehatan dasar masyarakat di tingkat desa.

“Ini program visioner dari tim Presiden Jokowi untuk mendekatkan akses fasilitas kesehatan dalam mensukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan,” tutur dia.

Seperti diketahui, pada 2019 target universal coverage. Artinya, seluruh warga Indonesia tercover oleh BPJS Kesehatan. Namun, berharap tumbuhnya sarana dan prasarana kesehatan dengan cepat agak sulit. Karenanya, dipilih pembangunan Rumah Desa Sehat dengan mengembangkan fasilitas yang sudah ada.

Di sisi lain, Rumah Desa Sehat juga akan menjalankan lima pilar. Yakni, ketersediaan dokter puskesmas, bidan desa, air bersih, sanitasi, serta gizi. Selain pula mengedepankan program promotif dan preventif.

Untuk itu, ungkap Hanibal, Rumah Desa Sehat merupakan program pendukung pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) di bidang kesehatan di tingkat desa. Dalam implementasinya, Rumah Desa Sehat berada di bawah pembinaan Puskesmas.

http://m.suarakarya.id/detail/41550/Program-Rumah-Sehat-Desa-Belum-Terealisir

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑