Bappenas akan arahkan dana desa untuk pelayanan dasar – perdesaansehat.com

“Pembangunan Nasional yang melibatkan seluruh satker pada 4 tingkat Pemerintahan NKRI (Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan Desa), telah diamanahkan dan dimandatkan oleh Konstitusi, UUD 1945, Dimana tujuan bernegara untuk memenuhi hak dasar seluruh warga NKRI, beserta perundang undanagn turunannya; UU Desa, UU Pemerintah Desa dan seluruh UU Reformasi harus diprioritaskan pada Pelayanan Sosial Dasar. 

Apalagi ditengah anggaran pembangunan nasioanl yang tersedia jauh lebih kecil dari kebutuhan anggaran pembangunan nasional sesungguhnya, maka pengutamaan pada pemenuhan “Perintah Konstitusi” tersebut bagi masyarakat Desa, sesuai dengan amanah UU Desa yang sejalan dengana amanah UU Pemerintah Daerah, dimana Dana DAU Ditujuakan untuk Capaian Kinerja SPM Pemenuhan Hak Dasar seluruh warga NKRI terutama di Dea. Kerangka fikir ini pula secara global yang melatarbelakangi MDGs dan atau SDGs”. – perdesaansehat.com

HanibalHamidi #HibahDiriTukDeaa
Bappenas akan arahkan dana desa untuk pelayanan dasar – ANTARA News from Pokja Desa Kemendesa’s Tweet

Bappenas akan arahkan dana desa untuk pelayanan dasar

Selasa, 21 Februari 2017 18:24 WIB – 1.408 Views

Pewarta: Citro Atmoko

Bappenas akan arahkan dana desa untuk pelayanan dasar

Ilustrasi–Pemanfaatan Dana Desa Untuk Masyarakat. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo (kanan) melihat ternak sapi yang dibeli dengan pemanfaatan dana desa di Desa Ayula Selatan, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (13/1/2017). Karena dianggap sukses memajukan perekonomian pedesaan, pemerintah menaikkan anggaran dana desa dari Rp46,8 triliun untuk 74.754 desa pada tahun 2016 menjadi Rp60 triliun untuk 74.910 desa pada tahun 2017. (ANTARA /Akbar Nugroho Gumay)

Batam (ANTARA News) – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan mengarahkan dana desa agar fokus membangun pelayanan dasar bagi masyarakat.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Arifin Rudiyanto mengatakan, penggunaan dan pemanfaatan dana desa pada dasarnya harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa itu sendiri. Kendati demikian, pemenuhan pelayanan dasar di tingkat desa perlu menjadi prioritas.

“Sekarang banyak pemerintah desa cari mudahnya, ya bangun infrastruktur yang mudah kelihatan. Nanti kita arahkan bagaimana bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarakat desa,” ujar Arifin saat ditemui di Batam, Selasa.

Arifin mencontohkan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi antara lain seperti air bersih, sanitasi, jalan, dan energi skala kecil. Namun, untuk mengarahkan hal tersebut bukanlah perkara mudah mengingat perlu koordinasi berbagai pihak.

Untuk pembangunan fasilitas air bersih misalnya, lanjut Arifin, diperlukan perencanaan detil dari sisi desain teknis yang rinci.

“Nanti lewat Cipta Karya menyiapkan “engineering design”-nya, pipanya harus sekian dan sebagainya. Tinggal bangunnya, nanti kita minta dana desa memanfaatkan dan nanti pembangunannya bisa oleh masyarakat desa, bahan juga dari lokal. Memang agak ruwet, tapi ya harus kita lakukan,” ujarnya.

Dari sisi kesehatan, Kementerian Kesehatan juga sebelumnya diharapkan bisa masuk dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya air bersih dan sanitasi misalnya.

Arifin menambahkan, masyarakat perlu diajarkan untuk dapat menentukan prioritas pembangunan di desanya sendiri. Pemerintah sendiri tengah mengupayakan kerja sama dengan perguruan tinggi agar dapat membantu masyarakat desa menyusun semacam “RPJM” mereka sendiri.

“Memang tidak langsung kelihatan tapi perlu perencanaan yang matang, itu yang kadang-kadang pemerintah desa tidak mau repot. Ah bikin jalan aja, padahal banyak yang bisa dilakukan supaya dana desa bisa lebih efektif lagi. Itu yang kita lakukan sekarang bagaimana membuat perencanaan di level desa bisa lebih sistematis,” katanya.

Dalam APBN 2017, pemerintah sendiri telah menganggarkan dana desa sebesar Rp60 triliun, meningkat dibandingkan dua tahun sebelumnya Rp46,9 triliun pada 2015 dan Rp21,7 triliun pada 2014. Pada 2018, dana desa diperkirakan bisa kembali meningkat dibandingkan tahun ini.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑