Kementerian Desa PDTT Ingin Wujudkan Desa Tanpa Korupsl – perdesaansehat.com

⌂KEMBALI KE HOMEPAGE

Kementerian Desa PDTT Ingin Wujudkan Desa Tanpa Korupsi

9 June
14:112017

 Print Artikel
👤by Wahyu Suryo 2080 Pembaca

KBRN, Yogyakarta : Mewujudkan desa mandiri tanpa korupsi, menjadi tantangan di era otonomi desa saat ini. Aparat birokrasi pemerintah desa, harus paham prosedur penggunaan anggaran, untuk meminimalisir korupsi.

Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan Sosial Dasar, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Hanibal Hamidi, di Yogyakarta, Jumat (9/6/2017).

Ia menjelaskan, pengawasan anggaran harus dilakukan secara cermat, apalagi tahun ini, 74 ribu lebih desa se-Indonesia, mendapat kucuran dana desa Rp 60 Trilyun.

”Dari pihak pengawas seperti KPK dan BPK bersama dengan kita, terus mensosialisasikan bagaimana penggunaan dana desa, apa resikonya jika tidak digunakan sesuai ketentuan dan lain sebagainya”, ungkap Hanibal.

Sementara itu, Pemerintah Desa Panggungharjo Sewon Bantul, dinilai mampu mewujudkan birokrasi bersih dari korupsi, sesuai komitmen kepala desa yang dijabat Wahyudi Anggoro Hadi.

”Karena tidak mungkin kita berfikir dan melayani masyarakat secara baik, jika kita punya beban biaya politik yang jadi tanggungan dan tidak rasional, itu akan memicu pengembalian modal misalkan melalui suap dan pungli”, terangnya.

Atas keberhasilannya mewujudkan birokrasi bersih, Pemerintah Desa Panggungharjo akan dijadikan percontohan nasional, oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Bahkan rencanannya, profil pemerintah desa tersebut, akan ditulis menjadi sebuah buku. (WS)

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑