Menyemai Nilai Pancasila di Momen Lebaran ala Yudi Latif

“Bung Karno”, menyatakan Bahwa Panca Sila Bukanlah Diciptakan Olehnya, tetapi dikonsolidasikan dari Budaya Sosial yang telah lama ada di Desa.

5 (lima) Sila dari Panca Sila merupakan Muara Dari Nilai Nilai Sosial Budaya yang dalam interaksi sosial warga setiap Desa yang “merepresentasikan Nilai Budaya Nusantara Yang Agung Yang Tertanam Dalam “Entitas Sosial” setiap warga DESA.

Mengingat saat ini, bersamaan Dengan momentum pelaksanaan UU No 6 Tahun 2015 Tentang Desa, Dimana Pemerintahan Otonomi Desa (yang tidak terpisah dengan warganya sendiri), yang berperan Sebagai Subyek Pembangunan Desanya sendiri Dalam melaksnakan kewenangan 1) lokal skala Desa dan 2) Berdasrkan Asal Usul yang telah ada sebelum NKRI di deklarasikan pada 17 Agustus 1945. Pelaksanaan amanah dan mandat UU Desa pada Negara Untuk mengakui kedaulatan Desa pada Dua kewenangannya (Otonomi Yang Diakui) dengan menekankan pada azas Subsidieritas, Rekognisi dan Paradigma “Desentralisasi Asymetris”.

Menyadari peran strategis Pemerintahan Otonomi Desa Sebagai “Subyek Pembangunan Desa” dalam mewujudkan Desa-Desa mandiri yang “kokoh” sebagai Pondasi Struktur NKRI”, sekaligus Sebagai “Inti” Bangsa Nusantara yang Agung dan produktif dalam Bingkai Satu kesatuan Negara Bangsa RI.

#Desa #SDGs #Kemiskinan #Kesenjangan

Waw
https://youtu.be/E2fdnkx_-KU

Salam Kejuangan Nusantara
Desa Membangun Indonesia

Hanibal H
#HibahDiriTukDesa

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑