Rembuk Nasional Kesehatan

PARADIGMA “TATA KELOLA PEMERINTAH YANG BERSIH” Dalam Kerangka “TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK”

Pelaksanaan Rembuk Nasional (RN) berbagai bidang yang diinisiasi oleh Kantor Staf Presiden ini, yang ditujukan bagi “penyaluran” gagasan dari berbagai kelompok masyarakat bagi berbagai persoalan strategis pembangunan nasional yang sedang dilaksanakan oleh rezim berkuasa bersama-sama seluruh komponen bangsa. 

RN bila dapat diAgendakan secara periodik bersamaan sekaligus melengkapi agenda musrenbangnas dan “mit term review” yang yang telah ada di bawah tanggung jawab Bappenas, sangat baik untuk diagendakan bagi setiap rezim berkuasa dibawah kendali kantor sekretariat President atau KSP secara langsung. RN dapat difungsikan sebagai instrumen kendali perkembangan dinamika isue strategis dalam berbagai dimensi pembangunan nasional yang ditetapkan menjadi “fokus Prioritas” Kabinet,  sekaligus “sensitif” terhadap bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. RN ditujukan bagi evaluasi dan atau  perumusan “terobosan” kebijakan yang tepat dalam kerangka pemenuhan janji-janji Presiden yang disampaikan pada waktu kampanye pemilihan pasangan Presiden dan Wakil Presiden sebelumnya. RN sebaiknya difungsikan sebagai instrumen politik Presiden bagi percepatan konsolidasi demokrasi melalui optimalisasi integrasi peran berbagai komponen bangsa dalam pencapaian visi dan misi capres terplh yang telah dijabarkan dalam dokumen RPJMN Setiap Kabinet rezim berkuasa.

Rembuk Nasinal Pembangunan (RNP) Tahun 2017, yang diinisiasi Kabinet Kerja, Sebagai instrumen optimalisasi partisifasi seluruh warga bangsa dalam pembangunan nasioanal, sejalan bagi agenda konsolidasi demokrasi Indonesia. melengkapi proses yang telah ada (musrenbangnas, mit term review Bappenas, analisis data BPS, Kajian Bacground paper kontekstual) dalam pemetaan permaslahan dan hambatan bagi penyusunan dan review pencapaian rencana pembangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintahan yang termuat dalam dokumen RPJMN 2015-2019, sebagai jabaran dokumen visi dan misi capres terpilih (Jokowi-JK). Tanpa menafikan keberhasilan pelaksanaannya, sebaikanya kesiapan pelaksanaanannya harus dapat ditingkatkan sehingga semua indikator keluaran, hasil dan dampaknya dapat dipastikan sangat berarti bagi pencapaian tujuan pembangunan yang ingin dicapai oleh pemerintah. RN 2017, sangat terasa persiapannya sangat kurang, sehingga sangat ditentukan oleh personal ketokohan kepanitian masing masing bidang RN. (HH)….

REMBUK NASIONAL BIDANG KESEHATAN

Rembuk Nasional 2017 yang berlangsung di Jakarta Internasional Expo , Kawasan PRJ Kemayoran  , dalam rangka 3 Tahun Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla yang bertagline “Membangun untuk Kesejahteraan Rakyat ” mulai bergulir, kami mendapat kesempatan hadir Kegiatan tersebut ,dalam rangkaian kegiatan tersebut pada sesi 1 yaitu diskusi “Mengelola Kesehatan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial yang diselenggarakan pada tanggal 23 Oktober 2017.

Dalam gagasan kami, dalam kerangka percepatan Indonesia Sehat, sebagai refresentasi terpenuhi tanggung jawab negara (sesuai mandat Konstitusi pada negara), dalam pemenuhan hak dasr kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada.  Maka cukup sejalan dengan target “universal health covered” pada tahun 2019, melalui Program JKN yang menjadi tanggung jawab BPJS, yang harus dapat juga dipastikan adalah adanya “jaminan keterjangkauan semua determinan faktor (air bersih, sanitasi dan gizi yang seimbang” bagi kebutuhan normatif tumbuh kembang mausia, selaian keterjangkauan pelayanan kesehatan yang berkualitas serta sisitem rujukan yang ramah terhadap semua ketentuan untuk mengutamakqn upaya “Live safing”. 

Mengigat dinamika kesehatqn manusia  sanagat ditentukan oleh berbagai macam aspek kehidupan, lingkungan, serta perkembangan kualitas pelayanan kesehatan, dan perkembanga jenis penyakit itu sendiri, maka begitu komplek permaslahan dan tantangan pencapaain  wujud Indonesia Sehat tersebut, yang saat ini Angka Harapan Hidup Indonesia di bawah rata AHH Asia. Maka kebijwkqn “Tata Ulang atau Restrukturis Tata Kelola Pembangunan Kesehatan harus menjadi pilihan satu satunya cara untuk memiliki kepastian kapankah Indonesia SEHAT. Gagasan yang kami namakan “REVOLUI KESEHATA” adalah terdiri dari 3 Agenda:

1) Restrutkturisa total sistem kesehatan nasioonal  (termasuk kelembagaan ditata ulang) 

2) Reformasi pola; Rekruitmen, pembinaan, dan kesejahteraan tenaga kesehatan strategis.

3) Pengembangan Tophical  Farmasi  sebagai salah satu basis ekonomi nasional.

4) Pembangunan nasional berwawasan Kependudukan

5) Percepatan Capaian Indonesia Sehat Bertumpu pada  5 Pilar Perdesaan Sehat 

Dan untuk mengetahui apa dan bagaimana Rembuk Nasional 2017 tersebut berlangsung , dapat di unduh dokumen Panduan Rembuk Nasional 2017 pada Link Berikut

Comments are closed.

Blog at WordPress.com.

Up ↑