PANCASILA & TRISAKTI, MEMASTIKAN INDONESIA MAJU, MAKMUR, SEJAHTERA SECARA BERKELANJUTAN (HH)

https://youtu.be/dviJCRWFbYg

“Kemampuan dan kecepatan untuk beradaptasi dengan tepat, atas kecepatan tuntutan perubahan lingkungan (ekosistem), akibat berbagai sebab”, merupakan kunci paling cerdas bagi eksistensi seseorang. (HH)

==============================================================================

Hormat dan salut kepada para pemimpin muda yang mewakili para pemuda berbagai bangsa-bangsa di wilayah nusantara dalam membangun pondasi persatuan dan kesatuan yang sangat kokoh pada tahun 1928 melalui SUMPAH PEMUDA, bagi terwujudnya Negara Republik Indonesia yang diperjuangkan dan diproklamasikan oleh para Pemuda pejuang kemerdekaan pada tahun 1945.

Sebagai warga negara Indonesia yang besar dan agung, adalah keniscayaan bagi wujud penghormatan terbesar kita, bila menempatkan seluruh kisah sejarah dan “warisannya” yang tertulis maupun tidak tertulis pada tempat yang mulia tanpa mempertanyakan kesempurnaannya.

Berlandaskan cara pandang tersebut, maka saya meyakini apa yang telah diwariskan para pahlawan besar tersebut terutama Soekarno sebagai bagian dari para pahlawan besar Indonesia, selaku proklamator, bapak bangsa, sekaligus presiden (Nahkoda) pertama “kapal besar Indonesia” yang mewariskan “Pancasila dan Trisakti” untuk menjadi dasar dan kompas dalam mencapai tujuan bernegara, telah membimbing kami dalam memahami warisan tersebut.

Apabila seluruh warga bangsa Indonesia memiliki cara pandang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdsarkan Sila 1,2,3 & 4, maka pencapaian tujuan kemerdekaan dalam mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dapat dipastikan akan tercapai secara berkelanjutan.

Melalui pemerintahan yang mampu; melindungi segenap wilayah negara, mencerdasaskan kehidupan bangsa, serta menjamin pemenuhan hak dasar melalui pelayanan umum yang tersedia, terjangkau, berkualitas dan berketerimaan bagi seluruh rakyat Indonesia secara berkeadilan.

Mengingat dinamika sosial dunia yang sangat tinggi, terutama pada era “mellenial” yang sangat bergantung dengan kecepatan perkembangan “inovasi” dalam memanfaatkan kemajuan ilmu pengatahuan “digital 0-1 sebagai bahasa dalam menjembatani integrasi berbagai ilmu pengetahuan yang telah ada dan menjadi “inovasi baru yang mencengangkan” terutama dalam fungsi sebagai alat bantu “komunikasi”. Dimana melalui “kemajuan inovasi alat bantu berinteraksi soial berbasis digital” telah mampu “melimitasi dimensi ruang dan waktu” dalam interaksi sosial” yang mengakibatkan menihilkan peran “batas wilayah, maupun sekat-sekat soial” yang selama ini mejadi instrumen bantu menjaga “kedaulatan negara”, atau “privasi seseorang” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dampak lainnya pada kecepatan perkembangan inovasi pada fungsi “kendali” berbasis komputer, maka saat ini dalam hubungan antar negara, tidak ada satupun negara, yang secara angkuh menyatakan sebagai negara terkuat di dunia (super power). Mengingat saat ini seluruh negara secara umum telah munggunakan komputer sebagai alat bantu dalam mengoptimalkan efisiensi dan efektifitas berbagai tata kelola dalam kehidupan bernegara, termasuk dalam bidang pertahanan, yang sering digunakan sebagai ukuran kekuatan suatu negara.

Mempertimbangkan dinamika sosial tersebut di atas, maka bijak rasanya apabila kita semua sadar bahwa tidak ada jaminan adanya keberlanjutan dari apa yang dapat kita capai, apabila kita tidak dapat memastikan karakter bangsa yang memiliki cara pandang dan berkomitmen pada; Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pilar Tangguh Indonesia. Untuk itu, Soekarno selaku pejuang, proklamator, bapak bangsa, sekaligus presiden Indonesia pertama, telah mewariskan Kompas “TRISAKTI” kepada para nahkoda kapal besar Indonesia yang dipercaya oleh seluruh rakyat Indonesia selanjutnya. Dengan mengacu pada “TriSakti”, sebagai indikator kendali dampak pembangunan nasional, yaitu Berdaulat secara politik, Berdikari secara ekonomi, serta berkepribadian (Pancasila) sebagai bangsa, maka dipastikan wujud “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, melalui kemajuan negara yang rata-rata pendapatan masyarakatnya tinggi, akan dipastikan Indonesia yang sejahtera, makmur dan didukung adanya kedamaian abadi di dunia maka dipastikan akan berjelanjutan.

Oleh; Hanibal Hamidi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: